Thursday, February 5, 2009

standard gaji

standard gaji untuk setiap level yang berlaku di dunia kerja Indonesia

Berikut adalah daftar standard gaji:

*Fresh Graduates/Entry Level. Kisaran Standard Gaji Rp 2 – 3 juta/bulan*

Dalam sepuluh tahun terakhir, besaran gaji para fresh graduates (lulusanS-1) tampaknya tidak bergerak naik secara signifikan. Penyebabnya sederhana: supply cenderung jauh lebih tinggi dibanding demand; sehingga buyer (perusahaan) memiliki keleluasaan untuk memberikan gaji yang relatif rendah. Meski demikian sejumlah perusahaan multi nasional kini memberikan gaji bagi para fresh graduate-nya pada angka Rp 4 juta/bulan; sementara Bank Indonesia telah memberikan gaji Rp 5 juta/bulan untuk paralulusan sarjana baru yang bekerja untuk mereka. Namun demikian, masih banyak juga lulusan sarjana S-1 baru yang mendapat gaji sebanding dengan UMR alias sekitar Rp 1 jutaan saja per bulan.

*Asisten Manajer. Kisaran Standard Gaji Rp 5 – 8 juta/bulan*

Jika Anda sudah bekerja di kantor Anda selama 3 – 5 tahun, selayaknya Anda sudah menduduki posisi ini. Dan itu artinya Anda bisa mendapatkan income sekitar Rp 5 – 8 jutaan per bulannya. Kalau sudah bertahun-tahun Anda tetap saja menjadi staf biasa dan tak pernah kunjung naik posisinya ke level ini, ya Anda bisa mulai melakukan sejumlah manuver untuk membuat perjalanan karir tidak menjadi stagnan selamanya. Sebab kalau tidak pernah naik posisinya, gaji Anda ya juga tidak akan naik-naik.

*Manajer/Kepala Bagian. Kisaran Standard Gaji Rp 10 – 15 juta/bulan*

Dalam kurun waktu 7 – 10 tahun bekerja, selayaknya Anda sudah bisa berada pada posisi ini. Kisaran gaji untuk posisi ini adalah Rp 10 – 15 juta, meski ada sejumlah perusahaan yang memberikan gaji hingga Rp 20 juta/bulan untuk para manajernya. Namun sejumlah bank nasional, seperti Bank BNI misalnya, memberikan gaji sekitar Rp 12 – 14 jutaan/bulan kepada para manajernya.
Selain gaji yang cukup tinggi, karyawan pada posisi ini biasanya akan mendapatkan car ownership program (program kepemilikan mobil).

*Manajer Senior/General Manajer/VP. Kisaran Standard Gaji Rp 20 – 30juta/bulan*

Sebuah perusahaan perkebunan besar di Medan, berposisi sebagai Manajer Senior. Memperoleh gaji sebesar Rp 25 juta/bulan. Dan karena limpahan harga komoditi yang melonjak di tahun lalu, tahun ini perusahaan akan memberikan bonus 8 kali gaji (!) kepada seluruh karyawannya. Rp 25 juta/bulan mjd Rp 200 juta/bulan.

*Division Head/Executive VP/Direktur/Direktur Utama. Kisaran Standard GajiRp 50 juta – 100 juta/bulan*

Dengan kisaran gaji seperti itu, pendapatan para direktur/division head/EVPberarti hampir sama dengan gaji seorang pilot senior Boeing 747 Jumbo dimaskapai Garuda Indonesia (sebab gaji pilot senior untuk rute internasionaldi Garuda adalah Rp 90 juta/bulan).

*Business Owner. Kisaran Standard Gaji : Unlimited*

Nah, kalau Anda merasa tidak mampu menjadi manajer atau senior manajer, dan karirnya begitu-begitu saja; mengapa tidak memutuskan memulai usaha sendiri dan menjadi seorang business owner? Sebab dengan posisi itu, potensi gaji atau pendapatan Anda bersifat unlimited (tidak terbatas). Sebab Anda sendiri yang dengan bebas bisa menentukan berapa besar pendapatan yang layak Anda terima.

6 comments:

Yodhia Antariksa said...

Tolong kalau copy paste, tampilkan LINK ke sumbernya. This is an ethic of blogging.....

lukas said...

sory boz, sumbernya dari mail.

Anonymous said...

menurut aku...
data yang ditampilkan emang sudah cukup akurat..
sekarang yang kurang akurat hanya di lama bekerja aja...
kalau kita bisa bekerja melebihi yang di expect / diharapkan.. percayalah career dan gaji akan mengikuti kita (masalahnya.. di Indonesia yang kita cintai ini, punya prinsip "kalau bisa semakin sedikit bekerja, semakin besar gaji atau uang yang masuk") ga heran kalau hanya ada segelintir orang yang bisa benar2 berhasil dalam waktu yang relatif singkat. Apabila udah bekerja maksimal tapi perusahaan masih tutup mata, itu artinya anda sudah boleh "melirik" perusahaan2 lain.. bukannya malah mengikuti "tren-tren" bangsa kita, yang malah membuat semangat kita jatuh..

erick said...

dimasa krisis eknomi sekarang ini mana ada Perusahaan yang kasih gaji segitu paling banter cuma setara UMR utk fresh graduate DIII/ S1

Qinuche said...

UMR hanya berlaku untuk buruh saja. sedangkan untuk d3 dan seterusnya ... refer ke disnakertrans aja..

Anonymous said...

Dear admni..
Saya mau nanya, berapa standar gaji seorang underwriting ??
Karna saya seorang yg fresh graduates dan belum paham masalh gaji,,dan waktu saya diterima,saya cuman di beri Rp.1,8jt (dlm masa percobaan selama 3 bulan),,dan sedangkan besok saya akan diangkat jd pegawai..mohon bantuannya..
Oh iya..gaji salary itu apa sih?? Karna sy sangat tidak paham ttg gaji..maklum baru mencicipi dunia kerja,,
So..brp total yg sharusnya saya terima perbuln dr gaji gross + gaji salary??
Maaf ya sudah membingungkan hehe..skali lgi mohon bantuannya yahh..terima kasih