Wednesday, April 30, 2008

Layanan telepon Internet

Layanan telepon Internet dari program instant messaging Yahoo kini ditangani oleh Jajah. Sebelumnya, Yahoo mengurusi layanan tersebut sendiri. Namun kini perusahaan berusia 3 tahun bernama Jajah-lah yang akan menghubungkan panggilan telepon dari dan ke para pengguna Yahoo Messenger (YM). Selain itu tagihan dan customer care YM pun dikelolanya.

Inilah hasil outsourcing antara Jajah dan Yahoo. Gebrakan ini adalah langkah besar bagi Jajah, perusahaan yang kini bermarkas besar di California dan memiliki 10 juta pelanggan.

Menurut Chief Executive Jajah, Trevor Healy, para pengguna tidak akan merasakan perubahan layanan apa pun akibat proses outsourcing ini. Paling-paling mereka akan melihat merek Jajah muncul di beberapa tempat, berdampingan dengan Yahoo.

Saat ini ada 97 juta penggunaYahoo Messenger, tetapi tidak diketahui berapa banyak di antara mereka yang menggunakan fitur premium Phone In dan Phone Out. Walaupun panggilan PC-ke-PC tidak berbayar, tetapi ada beban biaya 1 sen dollar per menit untuk panggilan ke AS, dan tarif yang lebih tinggi ke negara-negara lain. Yahoo juga mengutip US$ 2,49 per bulan untuk nomor telepon yang memungkinkan penggunanya menerima panggilan pada PC seakan-akan itu adalah sebuah telepon.

Produk utama Jajah sendiri adalah layanan yang memungkinkan para penggunanya secara murah bertelepon ke luar negeri dengan cara memasukkan dua nomor telepon – miliknya dan nomor yang akan dipanggil -- di situs Web Jajah. Jajah-lah yang akan menelepon kedua nomor tersebut. Jika dijawab, keduanya akan saling dihubungkan, seperti pada kartu telepon internasional.

No comments: