Wednesday, April 30, 2008

Sony Ericsson Juga Urusi Dunia Olahraga

Sony Ericsson Juga Urusi Dunia Olahraga
Korano Nicolash LMS

Betul, Sony Ericsson bukan sekadar telepon genggam seperti yang kita ketahui. Sebab, kiprah perusahaan gabungan pembuat telepon genggam dengan berbagai produk elektronik asal Swedia dan Jepang ini juga sudah merambah ke dunia tenis. Dalam olahraga tersebut Sony Ericsson bukan hanya berusaha menjadi sponsor utama yang baik, tetapi juga ada banyak hal yang mereka kerjakan.

Sebagai sponsor utama, Sony Ericsson tidak melulu berusaha memperkenalkan merek dan hasil produk mereka melalui ajang tenis yang cukup banyak penggemarnya di dunia. Mereka juga mencoba mengangkat ke permukaan berbagai aspek kehidupan dan persoalan lain yang ada dalam kancah pertenisan.

Itulah sebabnya, setiap tahun setelah masuk di dua turnamen tenis yang masuk dalam agenda Seri ATP Master, menurut Kepala Bidang Sponsorship Global Sony Ericsson Calum MacDougall, mulai saat itulah Sony Ericsson mencoba mengemukakan berbagai aspek kehidupan lain yang ada dalam dunia tenis.

Tiga tahun terakhir ini Sony Ericsson menjadi sponsor utama pada turnamen Sony Ericsson Open yang selalu digelar secara rutin pada minggu terakhir Maret dan awal April di Tennis Center Crandon Park, Miami Dade, Florida, Amerika Serikat. Satu turnamen Sony Ericsson Open lainnya diselenggarakan di Qatar. Turnamen ini juga merupakan bagian dari Seri ATP Master yang biasa dilaksanakan setiap bulan September.

Sejarah panjang

Sony Ericsson Open di Miami memiliki sejarah panjang karena turnamen tersebut sebenarnya sudah digelar sejak tahun 1985 di Delray. Namun, pada tahun 1986, kegiatan itu dipindahkan ke Boca Raton sebelum kemudian menjadi agenda tahunan di Miami sejak tahun 1987 hingga saat ini.

”Di sini kami berusaha mengoordinasikan semuanya. Koordinasi dilakukan dengan rinci, mulai dari pertandingan hingga berbagai acara di areal Tennis Center Crandon Park,” kata MacDougall yang berkantor di Kantor Pusat Sony Ericsson di London, Inggris.

Satu hal yang mungkin baru pertama kali dilakukan Sony Ericsson adalah menyediakan kesempatan dan sejumlah fasilitas kepada petenis putri andalan Amerika Serikat saat ini. Mereka adalah Williams bersaudara, khususnya Venus Williams, untuk menampilkan berbagai busana hasil desain mereka pada acara Venus Williams Fashion Show.

”Selain Venus Williams Fashion Show, kami juga memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada FILA, salah satu produk pakaian olahraga yang merupakan sponsor pada turnamen Sony Ericsson Open. Dengan demikian, pergelaran busana yang disiapkan di Crandon Park dapat dimanfaatkan secara maksimal,” kata MacDougall.

Di samping pergelaran busana, sebelum memasuki pertandingan babak pentingnya, mereka juga mengadakan Sony Ericsson Player Party.

”Dalam pesta ini kami tidak mengizinkan rekan-rekan wartawan untuk mengambil gambar karena kami tetap akan berusaha menjaga privasi mereka. Dengan demikian, mereka benar-benar dapat menikmati player party ini dengan bebas,” kata Lisa Canning dari Humas Sony Ericsson London ketika ditemui di Opium Garden, 163 Collins Avenue, Miami, tempat pelaksanaan pesta tersebut.

Karena namanya juga pesta untuk para pemain, pada pesta yang diramaikan seorang disc jockey itu kita bisa menemui pegolf papan atas putra maupun putri. Mereka, misalnya, adalah Maria Sharapova, Venus dan Serena Williams, Novak Djokovic, atau Rafael Nadal yang baru minggu lalu meraih gelar pertamanya di lapangan tanah liat di Monte Carlo Master.

Di samping kegiatan yang lebih melibatkan para pemain sebagai tokoh dalam acara yang disediakan di Crandon Park, Sony Ericsson juga berusaha lebih mendekatkan tenis kepada para penggemarnya. Mereka menyediakan tennis on the beach.

”Di sini, siapa pun yang mau bisa mencobanya. Kami sudah menyiapkan raket dan bolanya. Anda tinggal membuka kaus atau membuka sepatu, kalau takut kemasukan pasir, untuk kemudian mencobanya,” kata George Robert, salah seorang petugas pengawas acara tennis on the beach.

Turnamen

Sepanjang pelaksanaan Sony Ericsson Open 2008 yang berlangsung mulai 26 Maret hingga 6 April lalu, menurut Robert, pengunjung yang ikut mencoba bisa mencapai 100 orang setiap hari.

”Paling banyak yang tertarik untuk mencoba tennis on the beach ini, ya, anak-anak,” ucapnya sambil menunjuk dua anak-anak yang tengah bermain dengan telanjang dada di bawah siraman sinar mentari musim panas Miami.

Ikon Sharapova

Selain berusaha menyusul berbagai acara di luar lapangan pertandingan, Sony Ericsson juga memanfaatkan daya tarik Maria Sharapova sebagai ikon dari produk Sony Ericsson. ”Semula Maria hanya sekadar bintang iklan, tetapi mulai tahun ini dia sudah bergabung dalam company,” kata MacDougall.

Menurut MacDougall, melalui Maria-lah bentuk dan model telepon genggam baru Sony Ericsson akan didesain dan diproduksi. ”Sekarang ini memang baru telepon genggam yang Maria gunakan, yakni hand phone lipat yang jauh lebih feminin, seperti yang semua penggemar Sony Ericsson sudah tahu,” katanya menambahkan.

Menurut Meiske Surjadinata, Senior Manager Pemasaran Produksi Sony Ericsson Indonesia, pihak Sony Ericsson telah menyadari bahwa posisi produk telefon genggam produksi mereka hingga saat ini berada di peringkat ketiga. Di bawah Nokia dan Samsung. ”Untuk itulah, hal pertama yang harus kami lakukan adalah mempertahankan di posisi tersebut,” ujarnya.

Tentu lewat tenis, posisi tersebut diharapkan dapat mereka pertahankan. ”Kami juga berharap, kelak, jika orang menyaksikan pertandingan tenis, khususnya turnamen Seri ATP Master, mereka langsung ingat Sony Ericsson,” begitu impian Kepala Bidang Sponsorship Global Sony Ericsson menambahkan.

No comments: