Friday, November 16, 2007

Chat



Seiring perkembangan teknologi yang semakin modern, Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya senantiasa melengkapi dirinya dengan peralatan berteknologi terbaru untuk mendukung kinerja. Pada tanggal 17 January 2005, sistem SMS interaktif menggunakan nomor akses 1717 diluncurkan sebagai salah satu bagian dari SIAP (Sistem Integrasi Aplikasi Polisi). Diharapkan, SMS 1717 dapat mendekatkan Polisi dan masyarakat untuk saling bahu membahu menjaga keamanan, ketertiban lingkungan yang pada akhirnya akan menciptakan lingkungan masyarakat yang tertib, aman dan sejahtera.

Chat
Melalui fasilitas CHAT, masyarakat dapat berkomunikasi langsung dengan Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya. Komunikasi dapat berupa pertanyaan, saran, pengaduan, atau laporan kejadian. SMS yang masuk akan dijawab langsung oleh petugas di Polda Metro Jaya. Fasilitas CHAT saat ini terbagi menjadi 3 : Lantas, Infokrim, dan Humas.

SMS 1717 Lantas Masyarakat dapat mempergunakan fasilitas ini sebagai media untuk melaporkan/menginformasikan, komplain, bertanya atau meminta informasi apapun seputar lalu lintas, dalam daerah Direktorat Lalu lintas Polda Metropolitan Jakarta Raya.

Caranya: Anda cukup mengetik (text) laporan/pertanyaannya secara langsung seperti chatting, tidak memerlukan format ketik tertentu. SMS akan dijawab langsung oleh petugas di gedung Traffic Management Center (TMC) di Pancoran, Jakarta Selatan.

Contoh: Selamat siang pak, apakah lalulintas di sekitar perempatan Cawang lancar atau padat? SMS 1717 Infokrim dan Humas Masyarakat dapat melaporkan/menginformasikan kejadian atau kasus-kasus kriminal dll yang membutuhkan bantuan dan penanganan Polisi, juga sebagai media untuk menyampaikan/memberikan informasi/saran yang berguna bagi kepolisian atau informasi umum lainnya.

Caranya: Anda cukup mengetik (text) laporan/pertanyaannya secara langsung seperti chatting, tidak memerlukan format ketik tertentu. SMS akan dijawab langsung oleh petugas di Command Center gedung Biro Operasi di Semanggi, Jakarta Selatan.

Contoh Infokrim: Selamat malam pak, di lingkungan kami ada pengedar Narkoba. Tolong ditindak, karena sangat meresahkan warga.

Contoh Humas: Selamat pagi pak, hari ini mobil SIM keliling berada di mana?


Informasi STNK
Informasi mengenai keaslian STNK yang diperlukan dalam transaksi jual-beli kendaraan bermotor dapat diperoleh melalui SMS. Saat ini, informasi STNK yang tersedia adalah yang berasal dari DKI Jakarta (plat nomor B) dan Medan (plat nomor BK).

Dengan mengirim SMS format khusus (dibawah ini) Anda akan mendapatkan reply informasi & status pajak/STNK kendaraan bermotor secara otomatis langsung dari Server Database STNK.

Cara mendapatkannya: Format ketik SMS:

Untuk Daerah Polda Metro :METRO PlatNomorKendaraan

Contoh: METRO B8059SK Untuk Daerah Polda Sumut: LLSUMUT PlatNomorKendaraan

Contoh: LLSUMUT BK8059SK Lalu kirim ke 1717 (untuk semua operator GSM , Flexi dan Mobile 8) Tarif Rp1000,-/SMS


Video Streaming CCTV
Ini adalah layanan berbasis teknologi 3G (Video Streaming). Masyarakat dapat menonton Video melalui layar Handphone untuk melihat kondisi lalulintas jalanan sesuai dengan lokasi yang dipilih pada list Kamera CCTV per-wilayah Jakarta. Untuk mendapatkan layanan ini, harus menggunakan Handphone yang telah support MIDP 2.0 (Java) dan Simcard telah diaktifkan untuk akses GPRS.

Cara mendapatkannya:Anda terlebih dahulu harus mendownload software aplikasi CCTV1717 via SMS, caranya sebagai berikut:

Ketik SMS: CAM 1717
Lalu kirim ke 3949 (tariff Rp10.000/SMS)

Contoh: CAM 1717 Anda akan mendapatkan reply berupa link http untuk melakukan download aplikasi CCTV1717. Click dan ikuti panduan pada layar sesuai dengan jenis dan tipe handset. Secara otomatis aplikasi tersebut akan ter-instal pada handset dan siap digunakan.

Untuk hari pertama penggunaan, melihat seluruh kamera CCTV di seluruh Region yang tersedia bebas digunakan secara gratis.

Pada hari berikutnya, untuk melihat setiap Region, akan dikenakan biaya Rp.5000/hari.

Saat ini (versi 1.9) total tersedia 48 Kamera CCTV yang terbagi atas 4 Region:

Jakarta Selatan Jakarta Pusat Jakarta Barat, Tangerang & JIAC Jakarta Utara, Timur & Bekasi

No comments: