Monday, December 17, 2007

Biografi Basuki

Biografi Basuki
Lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 5 Maret 1956, dikenal sebagai pelawak, bintang iklan dan aktris film serta sinetron. Ia adalah anak dari pelawak (alm) Pete alias Suwito, yang melegenda lewat kiprahnya dalam kelompok Srimulat bersama (Alm) Gepeng, Timbul, Tarzan, dll.

Bintang iklan produk obat pencegah masuk angin ini mengidolakan Ayahnya sendiri dan almarhum Benyamin Syueb. Bersama Benyamin dirinya pernah membintangi sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN, di mana dirinya berperan sebagai Karyo.

Basuki pernah berkecimpung dalam persatuan seni Wayang Orang Sri Wanito. Kemudian mencoba ikut tampil di Srimulat mulai 1981 sampai 1986.

Keluar dari Srimulat ia pernah membentuk grup lawak Merdeka bersama Kadir, Timbul, Nurbuat, dan Rohana, meski tidak bertahan lama. Tiga orang yang tertinggal yaitu Basuki, Kadir, dan Timbul lalu membangun Batik Grup yang ternyata juga hanya bertahan tiga tahun.

Kisah suksesnya pada 1992, saat Tino Karno menyampaikan tawaran Rano Karno pada Basuki untuk mendukung serial SI DOEL ANAK SEKOLAHAN sebagai tokoh bernama Karyo.

Berawal sebagai bintang tamu hanya untuk beberapa episode dalam sinetron tersebut, akhirnya dipercaya sebagai pemain tetap.

Basuki meninggal dunia di Rumah Sakit Melia Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (12/12/07) karena serangan jantung. Jenasah Basuki dimakamkan di pemakaman umum Kampung Kandang, Jalan Moh Kahfi II, kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, pada hari Kamis (13/12/07).

No comments: