Saturday, September 8, 2007

Harga Tiket KA Naik

JAKARTA - Tingginya lonjakan permintaan tiket Kereta Api (KA) menjelang lebaran, membuat PT KA melakukan lonjakan harga tiket untuk semua kelas, terutama kelas eksekutif.
"Untuk kelas eksekutif harga variatif, direktur sudah menetapkan harga tertinggi Rp450 ribu, tapi kami akan jual dengan harga maksimal Rp390 ribu," kata Kepala Humas Daop I Ahmad Sujadi, Kamis (6/9/2007).
Sedangkan harga tiket kelas bisnis dan ekonomi, menurut Sujadi, masih akan dibahas di jajaran pimpinan PT KA. Meski demikian, Sujadi memastikan harga tiket keduanya juga akan mengalami kenaikan.
"Bisnis dan ekonomi belum diputuskan, kalau tahun lalu bisnis naik Rp30 ribu, untuk tahun ini belum tahu apa kenaikan sama atau R50 ribu," terangnya.
Sementara itu, Sujadi juga menjelaskan bahwa PT KA akan menerapkan tarif terjauh untuk kelas bisnis dan ekonomi.
"Supaya orang yang mau ke Yogya ya naik kereta jurusan Yogya, bukan jurusan Surabaya. Sebab kalau naik kereta jurusan Surabaya tetap akan dikenakan tarif ke Surabaya," jelas Sujadi.
PT Kereta Api (KA) membuka 18 tempat bagi masyarakat di Jabotabek yang akan melakukan mudik dengan kereta. Tiket juga bisa dipesan 30 hari sebelumnya.
“Pemesanan tiket bisa dilakukan di delapan Stasiun dan 10 agen perjalanan kereta,” terang Kahumas Daops I, Ahmad Sujadi, Sabtu (8/9/2007).
Sujadi menjelaskan, delapan Stasiun tersebut adalah Stasiun Senen, Gambir, Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, Bogor, Tanah Abang, dan Merak.
Sedangkan 10 agen perjalanan itu adalah:
1. Mal Artha Gading, Kelapa Gading.
2. Gedung CLT 7 Departemen Pertanian, Jalan Harsono.
3. Jalan Raya Kebon Kacang No 20 (dekat Mal Jakarta City Center).
4. Jalan Pemuda 72 Rawamangun.
5. Jalan Raya Bekasi KM 27, Pondok Ungu, Bekasi.
6. Gedung Puskop Mabes TNI, Jalan Raya Bogor I.
7. Lantai I Mal Puri Indah, Kembangan.
8. Jalan Yos Sudarso 55B/69, tanjung Priok.
9. Jalan Pembangunan 3 No 2A, Jakarta Pusat.
10. Jalan Raden Saleh No 2, Jakarta Pusat.
“Kita berharap pembukaan loket pemesanan tiket ini bisa mempermudah masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api saat mudik lebaran nanti,” pungkasnya.
Tahun ini PT KA juga membuat program layanan baru, pemesanan tiket KA melalui call center 13897.
"Setelah menghubungi call center masyarakat akan mendapat pin pemesanan yang kemudian digunakan sebagai kode pembayaran di ATM, sedangkan nomor kursi akan muncul di ATM saat pembayaran dilakukan," jelasnya. sedangkan delapan stasiun yang ditunjuk adalah Stasiun Gambir, Jatinegara, Senen, Jakarta Kota, Bekasi, Bogor, Tanah Abang dan Stasiun Merak.

No comments: