Saturday, September 22, 2007

Prediksi Gempa Dahsyat

Prediksi Gempa Dahsyat

Baru saja diberitakan oleh TV CNN pada tanggal 17 September 2007tentang Datangnya Gempa Dahsyat yang lebih atau sekitar 9 SR disekitarSumatra Barat.

CNN melakukan peninjauan khusus bersama pemburu Gempa dari CaliforniaTechnology Institute. Pemburu gempa ini adalah geoloog dari CalTechyang meneliti semua gempa2 yang muncul di Indonesia terutama yangterakhir ini yang katanya mengakibatkan kerak bumi melipat sehinggamenimbulkan gempa sekitar 7 SR lebih baru2 ini.

Akibat dari kerak bumi yang melipat sehingga overlap satu denganlainnya yang terjadi diwilayah sekitar SumBar, akan memaksa efek balikseperti pegas, karena lipatan ini akan berusaha mengembalikan ataumeratakan kerak bumi yang melipat ini seperti ibaratnya pegas yangapabila kita tekuk akan menimbulkan kekuatan yang arahnya sebaliknyadari arah tenaga yang menekuknya untuk kembali ke bentuk semula.

Reaksi balik pegas akan terjadi terhadap kerak bumi yang melipatakibat gempa baru2 ini yang besarnya sekitar 7 SR itu, namun reaksibalik pegas ini akan berakibat gempa yang besarnya lebih dari 7 SRyang diperkirakan sebesar 9 SR atau lebih.

Menurut ahli geologi pemburu gempa ini, gempa yang ditunggu itu akanmuncul dalam waktu dekat. Tidak ada yang bisa dilakukan selainmengumumkannya kepada masyarakat luas diwilayah SumBar untuk ber-jaga2datangnya gempa ini yang kemungkinan akan disertai Tsunami. Persiapanmental dibutuhkan masyarakat agar dengan persiapan yang baik makadatangnya gempa tidak akan menimbulkan kepanikan sehingga jatuh korbanyang jauh lebih besar.

Kapan tepatnya kedatangan gempa dahsyat ini, sang pemburu gempasendiri tidak bisa memastikan. Namun sang pemburu gempa inimenyatakan akan tetap mengejar gempa dahsyat ini untuk menyaksikannyasendiri bersama masyarakat.

Kalo benar gempa dahsyat ini benar akan muncul, maka gempa ini adalahyang terbesar sepanjang sejarah bumi ini, karena gempa yang terjadidalam dongeng Sodom dan Gomorah saja hanya berkisar kurang dari 8 SR.Dengan pemberitahuan ini sang pemburu gempa mengharapkan agar beritaini disebar luaskan sementara katanya pemerintah justru menutupiberita ini untuk mencegah kepanikan. Padahal menurut pemburu gempaini, berita ini justru harus disebar luaskan sehingga masyarakat bisamengadakan persiapan yang tidak akan menimbulkan kepanikan.

Semoga rekan2 di Indonesia bisa menyebar luaskan berita ini sehinggapersiapan2 yang diperlukan bisa dilakukan sesuai dengan petunjuk2 paraahli2 gempa dunia.

Sampai saat ini, belum ada teknologi yang bisa meramalkan kapan dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi.
Kemungkinan terjadi gempa bisa dipastikan akan ada terus, terutama di daerah2 pertemuan lempeng kerak bumi yang bertumbukan.
Teori pegas???
Baru nih!!!
Nanti akan seperti per, hebat juga nih!!!

No comments: